Sebuah buku besar penuh dengan grafik dan tulisan untuk menggambarkan semua pembelajaran dalam I-CELL….


Data Diri

Nama saya Alfonsus Arista Tefa. Saya biasa dipanggil Poponk. Saya sendiri tidak mengetahui mengapa orang-orang memanggil saya Poponk. Tetapi hal itu bukanlah masalah. Bagi saya lebih penting untuk memperlihatkan kepada dunia siapa saya daripada mengetahui mengapa saya dipanggil seperti sekarang ini. Saya kuliah di ATMI, Jurusan Mekatronik, khususnya Desain Mesin. Setelah saya lulus pada tahun 2007 dan bekerja di ATMI sebagai instruktur di bidang Desain dan Pengembangan Produk, Penerapan Produk, dan terlebih lagi saya membantu pada pembelajaran otomatis seperti PLC Programming dan Pneumanic.

Saya suka menyanyi, menulis puisi, dan mengorganisasi orang-orang. Suatu hari nanti saya berharap saya hisa mempunyai perusahaan saya sendiri, di samping tetap bisa belajar dan menjadi profesor.

Bagi saya I-CELL adalah sebuah tantangan baru. Seperti tantangan-tantangan lain, I-CELL memberi saya kesempatan terbaik untuk mengembangkan kemampuan saya dan menunjukkan kepada diri saya tentang kemampuan yang saya miliki. Demikianlah mengapa saya memutuskan untuk bergabung sebagai mechanical talent dalam tim Biofuel.

Hidup saya – proses penyelesaian yang tidak pernah berhenti.

poponk-pic

Pengalaman I-CELL

Foto ini diambil oleh teman tim saya ketika kami bersama bergabung dalam sebuah pelatihan tentang penelitian. Kita memperoleh banyak pelatihan di I-CELL. Beberapa pelatihan cukup bagus. Pelatihan lain tidak begitu bagus karena latar belakang pengajar dan cara bagaimana memberikan pembelajaran kepada kami.

Sejauh saya ingat, foto ini diambil ketika trainer mulai mengajar kami beberapa Reaksi Kimia; beberapa hal adalah reaksi kimia yang kompleks dan membingungkan. Menurut saya yang telah belajar dan bekerja di bidang mesin, hal tersebut terlihat aneh. Hal sama dirasakan oleh talent yang lain, kecuali bagi chemical talent.

Tetapi jujur… setelah beberapa waktu, kami – tiga kelompok talent: mechanical, chemical, dan business, kami dapat mengenal satu sama lain. Kami melihat latar belakang pendidikan yang berbeda, cara berpikir yang berbeda, dan paradigma yang berbeda… dunia yang sungguh mengagumkan…

Apa Yang Saya Dapatkan

Saya dapat membuat sebuah buku yang penuh dengan grafik dan tulisan jika saya hendak menggambarkan segala pembelajaran yang saya dapatkan dalam I-CELL. Ada banyak sekali pembelajaran tentang manajemen inovasi (fase, disiplin, waktu), dan saya menerima banyak sekali informasi dan pendampingan tentang inovasi. Demikian juga dengan tim manajemen yang saya kasihi (Mas Ambar, Mas Felix, Mbak Dian, Pak Bambang) yang membantu kami untuk terus berdiri dengan segala pengalaman mereka. Para mentor dan trainer… singkatnya, mereka memberikan pelatihan dalam bidang manajemen inovasi, pengembangan produk, manajemen proyek, orientasi, tehnik presentasi, disamping segala hal menyangkut disiplin dengan waktu saat bekerja dan segala motivasi yang kami peroleh dari mereka…

Leave a comment